–>

Tips Memilih Komputer atau Laptop Sesuai Kebutuhan Terbaru 2018

Posted by Pandi Ahaya on February 23, 2018

Selamat Datang diblog pribadi saya, blog ini sepenuhnya sebagai media pembelajaran dan tempat saya berbagi informasi. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Tips Memilih Komputer atau Laptop Baru Sesuai Kebutuhan Kita. Jika anda ingin membeli komputer atau laptop tetapi masih bingun dengan pilihannya, ada beberapa tips dari saya bagaimana memilih komputer atau laptop yang baik sesuai dengan kebutuhan anda.
Komputer atau laptop dipakai pengguna untuk membantu pekerjaan, sarana bermain game dan digunakan untuk bersosial media lewat internet dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu simak dan baca saksama tips dari saya yang mungkin bisa membatu anda dalam menentukan pilihannya.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda 
Mobile Notebook 
Anda sering berpergian atau melakukan perjalanan baik untuk keperluan pekerjaan seperti membaca email, membaca artikel atau hiburan maka anda bisa memilih laptop yang desainnya mobiling. Biasanya laptop yang cocok digunakan berukuran 11 inch, ukuran yang ramping dan slim akan lebih nyaman dibawa kemana-mana, sehingga anda tidak mudah lelah saat membawanya. Kemudian laptop yang mudah digunakan itu seperti yang dapat dilipat, touchscreen atau yang dapat dilepas seperti tablet, dan yang perlu diperhatikan adalah daya batereinya karena orang yang sering berpergian membutuhkan daya baterei yang tahan lama dan tidak memerlukan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Office Notebook
Office Notebook bisanya digunakan oleh orang-orang kantor, anak kuliahan dan anak sekolahan untuk mengerjakan pekerjaan ringan seperti Microsoft Office (Ms Word, Ms Exel, Ms Powerpoint dan lain-lain) Untuk itu komputer atau laptop yang paling cocok adalah memiliki ukuran layar lebar (14inch minimal) dan desain keyboard yang nyaman digunakan oleh jari-jari. Biasanya orang-orang akan lebih lama berkutat didepan layar monitor jika orang itu merasa nyaman dan tidak cepat merasa lelah.

Design Notebook
Jika anda seorang desain grafis seperti editing film, editing musik, mendesain gambar, editing foto dan lain-lain biasanya komputer atau laptop yang cocok buat anda membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi. Hal ini karena pekerjaan grafis umumnya menggunakan beberapa software desain grafis yang membutuhkan kapasitas VGA, Processor, RAM maupun Hard6disk yang mempuni untuk mendukung kinerjanya. Tips dari saya belilah komputer atau laptop dengan monitor yang lebar dan sudah ada VGA dan anda juga menggunakan komputer ini untuk bermain game ringan karena sudah memiliki VGA yang berfungsi untuk membaca grafik gambar.

Gaming Notebook 
Jika anda orang yang hobi dengan game pasti sudah tahu apa yang anda butuhkan saat membeli komputer atau laptop sesuai dengan kebutuhan game yang anda inginkan. Bagi anda yang belum tahu seperti apa komputer atau laptop yang anda butuhkan saat bermain game, saya akan memberikan gambaran bagi anda karena biasanya komputer atau laptop yang digunakan bermain game harus memiliki spesifikasi yang tinggi seperti VGA dan Processor yang cukup mendukung performa saat bermain game biar tidak ngelek, karena komputer atau laptop anda akan lebih bekerja keras  dan membutuhkan pendingin dibandingkan dengan laptop biasa. 
Jika anda sudah tahu seperti apa kebutuhan anda, berikut ini saya beri ulasan mengenai spesifikasi komputer atau laptop yang paling dibutuhkan :
Processor 
Processor merupakan otak dari sebuah komputer atau laptop yang berfungsi mengontrol seluruh jalannya sistem komputer. Komponen ini sangat penting dan paling utama yang harus anda lihat sebelum membeli Komputer atau Laptop. Mengapa demikian ? karena processor adalah bagian yang menentukan kecepatan dari sebuah komputer. Jenis-jenis processor yang sangat terkenal dan ketat dalam persaingan di pasaran adalah Intel dan AMD. Berikut ini baik Intel dan AMD mempunyai tingkatan jenis processor dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi.
Jenis Processor Intel : Atom, Celeron, Dual Core (Celeron & Pentium), i3, i5, dan i7
Jenis Processor AMD : E1, E2, A4, A6, A8 dan A10.

RAM
RAM merupakan salah satu jenis memori komputer yang berfungsi untuk meyimpan data dan pemrosesan data sementara. Semakin tinggi kapasitas memori yang digunakan semakin leluasa anda memproses banyak aplikasi karena RAM memagang data dan instruksi komputer saat bekerja. Yang perlu anda perhatikan adalah kapasitas RAM tersebut harus seimbang dengan spesifikasi processor, jika tidak seimbang antara RAM dan processor maka kinerja dari processor akan terganggu. Ukuran RAM yang banyak dipasaran umumnya berkapasitas mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB dan 32GB.

Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpanan, semakin besar kapasitas harddisk semakin banyak pula data yang disimpan. Kapasitas yang banyak digunakan dikomputer berkapasitas 500GB, 750GB dan 1TB. 

Operating System
Operating System (Sistem Operasi) merupakan perangkat lunak komputer (software) yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan operasi-operasi dasar sistem. Termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengolahan data yang mempermudah kegiatan kita. Sistem operasi adalah software lapisan pertama pada harddisk komputer saat dinyalakan pertama kali dan kemudian software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan dan melakukan layanan inti umum untuk software tersebut. Banyak sistem operasi yang beredar dipasaran seperti WINDOWS, LINUX, MacOS dan lain-lain.

VGA Card
VGA (Video Graphics Adapter) merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar komputer (monitor). VGA juga memiliki processor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memori. Semakin baik kualitas dan kapasitas VGA, semakin baik kualitas grafis yang dihasilkan pada layar monitor. VGA Card seperti AMD Radeon dan NVIDIA saat ini paling banyak ditemukan dipasaran dan masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri.

Gambaran Spesifikasi :
Mobile Notebook                                                             
CPU Intel Pentium/core i3
RAM 2/4GB DDR 3
Baterei 56WHr (5-6 jam)
OS : 8.1 atau 10

Office Notebook 
CPU Intel Core i3 
RAM 2/4GB DDR 3
Baterei 56WHr (5-6 jam)
OS : 8.1 atau 10

Design Notebook 
CPU Intel Core i3/i5          
RAM 4/8GB DDR 3
VGA Card 2/4GB 
Baterei 56WHr (5-6 jam)
OS : 8.1 atau 10

Gaming Notebook 
CPU Intel Core i7         
RAM 4/8/16GB DDR 3
VGA Card 2/4GB
Baterei 56WHr (5-6 jam)
OS : 8.1 atau 10

Spesifikasi diatas hanya sebagai gambaran bagi anda jika ingin membeli komputer atau laptop. Mungkin disaat anda membeli tidak akan menemukan spesifikasi sama persis seperti diatas tetapi spesifikasi diatas bisa menjadi standar buat anda yang ingin membeli komputer atau laptop sesuai kebutuhan anda sehingga dikemudian hari anda tidak menyesal membeli komputer atau laptop jika mengikuti standar yang saya berikan diatas. Sekian artikel tentang Tips Memilih Komputer atau Laptop Sesuai Kebutuhan Anda. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda jangan lupa di share ya kepada teman-teman anda karena saya tidak akan menolak kebaikan anda yang telah membagikan artikel ini dan jangan lupa ikuti atau like fan page facebook saya. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan anda berkomentar dikolam komentar dibawah ini.

Baca Juga : 5 Website Terpopuler Dengan Peringkat Teratas di Dunia
Baca Juga : 10 Website Terpopuler Dengan Peringkat Teratas di Indonesia 


Pandi Ahaya
Komputer ArenaUpdated: February 23, 2018

0 komentar:

Post a Comment

Gabung Bersama Kami Para Trader Bitcoin & Investasi Terbesar di Asia

Komputer Arena
–>